Sunday, September 25, 2016

Menentukan data radiasi matahari bulanan dan tahunan dari data AWS

Dari posting sebelumnya telah didapatkan data radiasi matahari harian yang satuannya berupa W/m2 atau bila satuannya dijadikan kWh/m2 maka nilai data tersebut dibagi 1.000

Data radiasi matahari harian ini kurang bermakna dan belum berguna karena hanya menampilkan data pada satu hari tertentu saja. Data yang sering digunakan dan dijadikan rujukan untuk perhitungan ialah data radiasi tahunan. Untuk mendapatkan data radiasi matahari tahunan suatu daerah harus ditentukan dahulu data bulanannya. Sejumlah alat bantu berupa hardware atau software telah banyak dikembangkan untuk mengolah data ini secara otomatis. Adapun pengolahan data dari sumber radiasi matahari harian yang dibahan disini berupa cara penjumlahan manual menggunakan worksheet Ms excel.

Data radiasi matahari harian yang telah didapatkan dibariskan dari tanggal 1 sampai tanggal 30 atau akhir setiap bulan dan dirata-ratakan sehingga didapatlah data radiasi matahari harian setiap bulannya.


Dari data radiasi rataan bulanan tersebut kemudian dibariskan lagi dari Januari sampai Desember untuk mendapatkan data radiasi matahari tahunan.


Sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment